Categories
Adventures

Baru Browsing Rute di Aplikasinya aja, Saya Sudah Bahagia Bersama AirAsia…

Sekitar awal bulan Februari 2019 lalu, tiba-tiba jantung saya berdegup kencang. Juventus bakal bertanding di Singapura. Tepat di tanggal ulang tahun istriku. 21 Juli 2019.

Selidik pun berlanjut. Ternyata di hari sebelum pertandingan Juventus melawan Totenham Hotspur itu, ada pertandingan lain yang menambah kecang degup jantung saya. Ada Manchester United juga. Tim favorit istri saya. Sudah pasti bakal langsung ACC nih proposal bulan madunya. Wkwkwkwkwkwk…

Tanpa pikir panjang, tiket dua hari pertandingan International Champions Cup tersebut langsung saya beli. Baru setelah tiket ada di tangan saya, itenerary pun saya susun.

Sebenarnya saya dan istri sudah pernah ke Singapura. Tahun 2014 lalu. Pengalaman pertama kali berdua, kencan ke luar negeri, ber-Bahagia Bersama AirAsia! Ketika itu saya dan istri beruntung bisa dapat tiket promo pulang-pergi Surabaya-Singapura total hanya dua jutaan rupiah.

Sayang sekali rute AirAsia Surabaya-Singapura sudah tidak tersedia lagi. Namun justru karena itu, petualangan dimulai.

Saya tahu rute pendaratan terdekat AirAsia dari Surabaya ke Singapura adalah di Johor Bahru, Malaysia. Dan di Johor Bahru, ada taman hiburan keren: Legoland. Maka saya langsung browsing jadwal tiket di aplikasi AirAsia.

Jujur saja, baru menyusun itenerary dengan memilih-milih jadwal penerbangan di aplikasi AirAsia ini saja saya sudah sangat excited! Sangat bersemangat! Sudah merasa Bahagia Bersama AirAsia! Seakan-akan saya sudah sampai saja di tempat tujuan saya! Hahahahahaa…

Satu fitur yang paling saya suka dari aplikasi AirAsia adalah kita diperlihatkan harga tiket termurah di satu hari sebelum dan sesudah tanggal yang kita pilih. Ini sangat memudahkan saya dan istri untuk memilih jadwal dan harga yang paling pas dengan kami. Mengingat saya dan istri sama-sama bekerja, maka pemilihan tanggal yang tepat akan memudahkan kami mengatur jadwal cuti.

Informasi harga tiket AirAsia sehari sebelum dan sesudah jadwal yang dipilih memudahkan kita menyusun itenerary

Singkat cerita kami pun memilih terbang ke Johor Bahru bersama AirAsia pada tanggal 18 Juli 2019, dua hari sebelum pertandingan ICC 2019 pertama antara Manchester United melawan Inter Milan. Dua hari kami rasa sudah cukup buat jelajahi Johor Bahru.

Maka hari itu pun tiba. Kami meninggalkan rumah sekitar pukul 02.00 dini hari. Jarak rumah kami yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam ke Bandara Juanda membuat kami harus benar-benar on time. Karena kami sadar, sekalipun harga tiket pesawat yang murah, AirAsia sangat menghargai waktu.

Pernah suatu ketika saya terlambat check in, tapi itupun hanya 55 menit sebelum jadwal penerbangan AirAsia dari Sultan Mahmud Airport, Terengganu, ke Kuala Lumpur, Malaysia. Ketika itu saja saya sudah diharuskan check in di konter khusus, tidak boleh di konter standard yang sudah dipakai antri untuk penerbangan yang lain. Beruntung ketika itu saya masih bisa lanjutkan penerbangan.

Pengalaman yang diajarkan AirAsia tersebut benar-benar membuat saya sangat menghargai waktu. Sehingga ketika kami sampai di Bandara Juanda, waktu masih menunjukkan sekitar pukul 03.30 pagi, waktu yang sangat aman untuk check in penerbangan internasional: 3 jam sebelum jadwal boarding.

Kami pun langsung check in. Dan karena kami tidak ada koper untuk kami setor ke bagasi, maka kami mencoba check in menggunakan mesin check in mandiri AirAsia. Istri saya mencoba terlebih dahulu.

Viola! Lancar jaya!

Namun ketika giliran saya, gagal terus. Setiap ketika proses memindai paspor selalu berakhir dengan kegagalan. Entah karena apa, padahal nama lengkap saya di tiket booking online dan paspor sudah sama persis, termasuk nama keluarga. Setelah beberapa kali mencoba dan gagal, saya pun menyerah dan memutuskan harus ikut antri ke konter check in manual.

Inilah kenapa kita harus menyiapkan waktu setidaknya tiga jam sebelum jadwal boarding sudah berada di bandara, supaya masih ada waktu jika terjadi terjadi sedikit kendala yang menghambat perjalanan kita.

Tidak membutuhkan waktu lama ternyata untuk antri di konter check in manual. Pelayanan yang cepat dan profesional dari petugas konter check in AirAsia sepertinya jadi nilai yang harus dipertahankan oleh mereka.

Setelah proses check in selesai, kami pun masih punya waktu cukup luang untuk bersantai. Di sela-sela waktu tersebut, saya gunakan untuk menyapa kamera ponsel saya, sebagai bahan vlog perjalanan piknik kali ini. Hahahahaa…

Bahagia Bersama AirAsia
Pagi Bahagia Bersama AirAsia

Maka benar saja, 10 menit sebelum jadwal boarding, kami sudah diminta masuk ke pesawat. Ini yang saya sangat suka dengan AirAsia: tepat waktu. Kami pun terbang sesuai jadwal.

Selama penerbangan kami menyibukkan diri masing-masing. Saya membaca buku, yaaa,, agak berat sih: Financial Management Canvas. Sedangkan istri saya seperti biasa, membuka-buka majalah penerbangan AirAsia.

Ketika membuka-buka buku Santan, istri saya sempat menawari saya sarapan. Ia berkata “Kayaknya enak nih nasi lemaknya. Ayah mau? Tapi kok ya kita tadi sarapannya pas jam sahur. Trus saiki dadi sik wareg. — (Jadinya sekarang masih kenyang).”

Hahahahahaa,, gimana Bunda ini, nawar-nawarin sendiri, dijawab-jawab sendiri. Tapi ya bener juga sih ya, ngapain juga tadi repot-repot sarapan di rumah, kepagian lagi, kalo di dalam pesawat AirAsia aja ada menu menggiurkan.

Oke! Next time wajib bebas repot!

Tapi tunggu dulu! AirAsia kasih kejutan lain rupanya!

Sejatinya jadwal penerbangan kami mendarat di Senai International Airport, Johor Bahru, pukul 10.20 waktu Malaysia. Tapi ternyata ketika jam masih menunjukkan pukul 10.00 kurang sepuluh menit, Om Kapten Pilot AirAsia QZ392 sudah mengumumkan bahwa kita akan mendarat pukul 10.00 tepat. Lebih cepat 20 menit dari jadwal seharusnya!

Wow! Istimewa!

Jujur saja, lagi-lagi saya terkesan dengan kualitas AirAsia. Mereka benar-benar memberi bukti bahwa siapapun bisa Bahagia Bersama AirAsia.

Pendaratan sempurna sekaligus lebih cepat dari jadwal ini menutup penerbangan kami menuju Johor Bahru.

LEGOLAND! KAMI DATANG! CIIAAAAAAATTTTTTT!