Resensi Buku #24: Money Master the Game by Anthony Robbins

Money Master the Game Review

Salah satu buku yang mempengaruhi saya dalam mengukir masa depan adalah Rich Dad Poor Dad karya Robert T. Kiyosaki. Siapa yang tak kenal beliau? Dan siapa juga yang tak kenal dengan konsep beliau mengenai Cash-Flow Quadrant?

Buku sepanjang masa tersebut membuat saya bercita-cita sebagai investor. Ya, berada di posisi kuadran 4. Siapa yang tidak tergiur dengan konsep “uang bekerja untuk kita”. Konsep Passive Income. Konsep yang menjelaskan fenomena si kaya semakin kaya. Konsep ini sangat menginspirasi saya ketika itu. Mungkin sekitar 15 tahun yang lalu saya membaca buku tersebut.

Namun ketika itu mimpi seakan hanya sekedar mimpi. Tidak ada langkah jelas yang saya ambil untuk betul-betul mengejar cita-cita itu. Entah karena apa, tetapi saya tersadar baru-baru ini saja, bahwa ternyata saya tidak tahu caranya.

Lingkungan saya tidak ada yang memahami konsep investasi. Kami hanya paham kalau ingin sukses ya sekolah, kuliah, cari kerja yang mapan, dan selesai. Tidak ada yang mengerti bagaimana sih bentuk kotak bulatnya investasi itu sendiri.

Pada akhirnya saya menemukan buku ini. Buku hebat karya Anthony Robbins yang berjudul Money Master the Game. Isi dari buku ini sering saya sebut sebagai “Ilmu Sultan”. Kenapa? Karena siapapun yang disiplin menerapkan ilmu di dalam buku ini, saya jamin ia akan jadi sultan jaman now masa depan. Aamiin. InsyaAllah.

Sekarang mari kita bahas sekilas isi buku hebat ini.

Pertama yang paling mengejutkan saya adalah ‘bantal’ setebal 835 halaman ini, harganya cuma Rp 139.500 aja. Gila! Pikirku dalam hati ketika membeli buku tersebut. Apa ndak salah kasih label harga ini? Apalagi setelah tau isinya, saya bisa bilang, buku ini terlalu murah jika dibandingkan dengan ilmunya yang bisa saja bernilai Milliaran atau bahkan Triliunan Rupiah.

Dan ternyata, jawaban dari harga murah ini diutarakan langsung oleh Tony Robbins di dalam buku tersebut. Ia memang tidak berniat sama sekali mengambil kentungan dari buku ini. Ia menulis buku ini dengan niatan ingin membantu sebanyak-banyaknya orang agar lebih melek finansial. Bahkan ia mendonasikan semua keuntungan dari buku ini untuk kepentingan sosial.

Sebelum membahas lebih dalam, di bagian awal buku ini ada seorang ekonom Indonesia yang memberikan kata pengantar. Beliau adalah Mohammad B. Teguh seorang Penasehat Finansial Independen. Inti dari yang beliau sampaikan, selain sangat mengapresiasi buku hebat ini, ia juga mengingatkan kepada kita semua agar tetap menyerna apa yang penulis sampaikan di dalam buku ini. Karena Tony Robbins menulis buku ini dengan latar belakang kondisi ekonomi di Amerika Serikat. Jadi ada beberapa poin memang kita harus bisa menyesuaikan dengan kondisi iklim investasi di Indonesia.

Buku ini tersusun atas 7 bab anak tangga, menuju tingkatan kebebasan finansial. Ya, kebebasan finansial. Mungkin kedengarannya mustahil bagi Anda. Tapi percayalah, tidak ada yang mustahil di dunia ini. Mungkin saya belum pantas untuk mengajak Anda percaya pada apa yang diajarkan di buku ini, tapi saya percaya bahwa tidak ada sesuatu pun yang mustahil di dunia ini selama kita tahu ilmunya.

Di bagian pertama, Anda akan diajak oleh Tony Robbins untuk menata pikiran Anda. Mindset Anda mengenai uang, kekayaan, kebebasan finansial, akan diubek-ubek sehingga Anda lebih siap untuk melangkah menuju anak tangga selanjutnya.

Di bagian ini Anda akan diajak untuk lebih mengambil kendali atas uang Anda. Anda yang harus mengontrol berapa untuk kebutuhan A, berapa untuk B, dan berapa untuk diinvestasikan. Dan menurut saya, bagian pertama inilah yang paling penting dari keseluruhan isi buku. Bagian ini menjadi pondasi dari semuanya. Bisa saja Anda melompat ke Bagian 5 untuk mengetahui saran portofolio terbaik dari para ahlinya, namun jika Anda gagal mengendalikan uang Anda saat ini, semuanya sama saja dengan nol.

Dua hal penting yang akan Anda nikmati di bagian ini adalah yang pertama ketika pikiran Anda akan dibuka oleh Tony Robbins akan apa pentingnya investasi. Mengapa berinvestasi bisa kita jadikan pegangan untuk masa depan kita. Dan yang kedua adalah bagaimana cara Anda untuk mengendalikan uang Anda. Anda akan benar-benar diajarkan bagaimana cara mengendalikan uang dengan lebih tepat.

Bagian kedua, salah satu bagian favorit saya di buku ini. Di bagian ini Anda akan diajak oleh penulis menjadi “Orang Dalam”. Siapa itu “Orang Dalam”?

Orang Dalam adalah mereka yang tahu seluk beluk dunia investasi. Mereka ini tahu mana kebohongan dan mana fakta. Mereka tahu apa yang Anda tidak tahu tentang investasi. Tapi ketika Anda masuk ke bagian ini, Anda akan diajak oleh Tony Robbins untuk menjadi Orang Dalam dengan cara mengetahui semua fakta sebenarnya dari berbagai mitos yang ada di dunia investasi.

Salah satu contoh adalah bagaimana berinvestasi di reksadana konvensional ternyata tidak terlalu produktif. Tony Robbins menjelaskan fakta yang sebenarnya, bahwa imbal hasil dari reksadana yang Anda beli terlalu kecil. Hal ini karena reksadana melibatkan manajer investasi yang akan mengelola uang Anda di alat-alat investasi sesuai dengan reksadana yang Anda pilih. Nah, biaya untuk membayar manajer investasi inilah yang akan mengurangi imbal hasil investasi Anda, yang jika disimulasikan hitung-hitungannya, Anda bisa kehilangan separuh dari uang Anda. Maka solusi dari Tony Robbins untuk Anda adalah berinvestasi di semacam Reksadana Indeks atau kalau di Indonesia bernama Exchange Traded Fund (ETF) yang menggunakan acuan indeks saham terbaik.

“Berapa Harga Mimpi Anda?”

Demikian judul dari bagian ketiga buku ini. Sangat profokatif dan membuat Anda penasaran dengan isinya.

Di bagian ini Anda diajak oleh Tony Robbins untuk menghitung proyeksi berapa kebutuhan masa depan Anda. Dan tentu saja tidak bisa berhenti di situ, Anda akan ditantang oleh Tony Robbins untuk mengejar impian Anda tersebut. Sangat inspiratif! Bagaimana Anda bisa melakukan percepatan investasi, bagaimana Anda bisa mengurangi biaya-biaya hidup untuk kemudian mengalokasikan lebih banyak uang Anda ke investasi, dan masih banyak tips lainnya.

Menginjak ke bagian keempat, Anda akan diajak untuk mengambil keputusan investasi terbaik bagi Anda. Dan apapun investasi yang Anda ambil, alokasi aset adalah satu hal yang diwajibkan oleh Tony Robbins di dalam buku ini. Jangan sampai Anda meletakkan telur Anda di hanya satu keranjang saja. Karena risiko dari investasi adalah sesuatu yang tidak sederhana, yaitu kehilangan uang Anda. Untuk itulah Anda akan diperkenalkan dengan berbagai macam bentuk investasi. Sebut saja Saham, Obligasi, Properti, Komoditas, Mata Uang, Barang Koleksi, dan Surat Hutang, Anda akan dikenalkan dengan sangat dalam tentang berbagai alat investasi tersebut.

Alat-alat investasi tersebut dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni wadah yang bersifat aman dan wadah yang sifatnya bertumbuh tinggi namun memiliki risiko yang tinggi pula. Anda akan diajak oleh Tony Robbins mengenal mana-mana alat investasi yang termasuk wadah aman, dan mana yang masuk ke wadah risiko/pertumbuhan. Mengalokasikan uang Anda dengan porsi yang tepat di kedua macam wadah inilah yang harus Anda lakukan agar investasi Anda rendah risiko.

Bagian kelima menjadi inti dari buku ini. Di bagian ini, Anda akan diperkenalkan pada beberapa model alokasi aset yang disarankan oleh beberapa ahli keuangan dunia. Prinsip yang dipegang oleh Tony Robbins adalah “Risiko Sisi Atas, Tanpa Sisi Bawah”. Artinya adalah investasi yang selalu tumbuh namun tanpa ada risiko kehilangan uang. Benarkah itu ada? Ya Ada. Beberapa ahli yang sudah diwawancarai oleh Tony Robbins mengungkapkan bagaimana alokasi aset yang mewakili konsep tersebut, selalu bertumbuh, namun rendah risiko kehilangan.

Salah satu tokoh yang diwawancarai oleh Tony Robbins untuk buku ini adalah Ray Dalio. Jika Anda tidak mengenalnya, Ray Dalio adalah pendiri dan pemilik dari hedge fund — perusahaan pengelola keuangan — salah satu yang terbesar di dunia, Bridgewater Associates. Bridgewater Associates saat ini mengelola dana sekitar US$ 150 Milliar atau sekitar Rp 210 Triliun. Sebuah perusahaan keuangan yang tidak main-main.

Ray Dalio menjadi acuan penting Tony Robbins dalam menulis buku ini. Melalui buku ini, Ray seakan membocorkan rahasia ilmu keuangan yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Ada dua hal utama yang dibagikan oleh Ray kepada kita melalui Tony Robbins. Yang pertama adalah tentang empat kondisi ekonomi yang akan mengubah nilai aset yang kita miliki, yaitu Inflasi, Deflasi, kenaikan pertumbuhan ekonomi, dan penurunan pertumbuhan ekonomi. Keempat kondisi tersebut Tony sebut sebagai empat musim. Maka inti dari apa yang dimaksud dengan “Risiko Sisi Atas, Tanpa Sisi Bawah” adalah bagaimana investasi kita bisa tetap kuat bertumbuh, melewati empat musim ekonomi.

Jadi bagaimana caranya untuk bisa melewati empat musim tersebut? Jawabannya adalah alokasi aset. Ya, sekali lagi alokasi aset. Diversifikasi. Ray Dalio punya rumus diversifikasi ala Bridgewater Associates yang ia bagikan cuma-cuma ke kita semua melalui buku ini. Dan tentu saja, saya tidak akan membaginya begitu saja kepada Anda. Maaf. Hehehehe…

Bagian keenam buku ini berjudul “Berinvestasi Seperti 0,001%: Buku Panduan Milliarder.” Anda akan diajak mengobrol dengan para investor sukses dunia, yang jumlahnya tidak lebih dari 0,01% populasi dunia. Di antaranya seperti Warren Buffett, John C. Bogle, Paul Tudor Jones, dan masih banyak yang lain. Melalui Tony, mereka akan membagikan resep alokasi aset versi mereka masing-masing yang bisa saja ada yang cocok dengan kita.

Bagian ketujuh buku ini adalah penutup yang indah dari Tony Robbins. Dan saya hanya bisa mengungkapkan satu hal untuk Anda, buku ini sangat berenergi. Gaya Tony Robbins yang mampu membangkitkan energi tersembunyi audiensnya di berbagai seminarnya, sekali lagi terjadi di buku ini. Melalui bagian ketujuh, dan hanya melalui kata-kata, Tony Robbins seakan-akan berada di depan Anda, dan mengajak Anda untuk lebih hidup, lebih berenergi, dan lebih berkah. It’s truly a Magic!

Akhir kata, saya mengucapkkan terimakasih untuk Anda yang sudah bertahan membaca celoteh saya hingga paragraf ini. Saya berdoa semoga apapun tujuan hidup Anda tercapai dengan penuh keberkahan, kebahagiaan, dan manfaat bagi sebanyak-banyaknya manusia. Aamiin.

Tinggalkan Jejak Anda di Sini