Tips Lokasi Parkir Mobil di Kawasan Masjid Menara Kudus

D13DF56B-FE3D-4F86-8157-A698179654D6

Beberapa waktu yang lalu saya dan istri berwisata ke Jawa Tengah, khususnya ke Kota Semarang. Namun kami memang sengaja untuk tidak langsung ke Semarang. Kami sempat mampir ke Kota Kudus dan Demak, dua kota yang masuk jalur pantura jika dari arah Surabaya menuju Semarang.

Satu tujuan wisata ke Kota Kudus yang kami kunjungi adalah Masjid Menara Kudus. Sebuah masjid bersejarah peninggalan dari Sunan Kudus, salah seorang anggota Wali Songo. Alasan utama kami ingin mengunjungi masjid ini tentu saja adalah bangunan bersejarahnya yang sangat artistik.

D13DF56B-FE3D-4F86-8157-A698179654D6

Masjid yang dibangun di tahun 1549 M ini memiliki sebuah menara ikonik yang berbentuk ala candi Hindu-Jawa jaman Kerajaan Majapahit. Namun jika kita amati lebih mendetail, menara ini menggabungkan tiga kultur penting yakni Hindu-Jawa, Cina, dan Islam.

Budaya Hindu-Jawa tentu sangat kentara dengan bentuk menara yang menjulang ke atas, dengan bahan bangunan khas bata merah. Budaya Cina nampak ikut menghiasi menara ini dengan ditandai adanya 32 piring hias yang menempel di dinding menara. Sedangkan budaya Islam, tentu saja nampak dari lafadz Allah yang ada di puncak menara.

Nah, satu kendala untuk berkunjung ke masjid yang beralamatkan di Jl. Menara, Kudus ini adalah ketika saya survey untuk mencari lokasi parkir roda empat. Beberapa kali saya menggunakan fasilitas Google Street View namun belum juga menemukan solusi. Justru yang ada di data Google adalah lokasi parkir untuk bus dan sepeda motor.

Beruntung saya punya seorang teman asli Kota Kudus. Setelah saya hubungi dia, ternyata lokasi parkir roda empat untuk pengunjung Masjid menara tidaklah sulit. Kita bisa parkir di sepanjang Jalan Sunan Kudus, namun yang sisi sebelah barat saja. Tepatnya sejak perempatan Jl. HM Subchan ZE – Jl. Sunan Kudus, hingga ke timur sampai batas gang Jl. Menara. Dari gang Jl. Menara ke timur, tidak diperbolehkan untuk parkir karena ada tanda dilarang parkir.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di gambar di bawah ini.

2205CA79-10D4-4A89-A966-24324477BB45

Untuk memudahkan, saya sarankan Anda untuk memasukkan kata kunci Omah Batik Sabrina di mesin pencari GPS Anda. Lokasi toko ini tepat di Jl. Sunan Kudus dan dekat dengan gang masuk Jl. Menara.

Tinggalkan Jejak Anda di Sini